Kamis, 27 Mei 2010

Pengertian Haji

Menurut Bahasa

Haji berasal dari bahasa Arab, bisa diartikan dengan tujuan, jalan-jalan dan bolak-balik. Namun tujuan, jalan-jalan dan bolak-balik yang dimaksudkan adalah ke ka'bah di Masjidil haram baitullah makkatul mukarromah Saudi Arabia.

Menurut Istilah

Istilah haji sesuai dengan perkembangan zaman, terbagi menjadi dua pemahaman besar, yaitu:

1. Pemahaman Umum:
Pada umumnya para faqih sepakat bahwa haji adalah ritual wisata ibadah ke Ka'bah di Masjidil Haram baitullah makkatul mukarromah Saudi Arabia, dengan memenuhi segala rukun dan syarat yang telah ditentukan syari'at Islam berlandaskan Al-Qur'an dan Al-Hadits shohih.

2. Pemahaman Khusus Fersi Indonesia:
Di Indonesia, istilah haji diperuntukkan bagi muslim dan muslimah yang telah pergi naik haji ke baitullah Makkatul Mukarromah Saudi Arabia. Jika mereka lelaki pantasnya dipanggil abang, maka dipanggillah dia menjadi bang haji atau bung haji. Jika setingkat bapak, maka disebut sebagai pak haji. Jika mereka perempuan, setingkat kakak dipanggil kak haji. Jika setingkat ibu dipanggil ibu haji, tante haji, wak haji, dll, dsb, dst. Haji sebagai julukan atau gelar spiritual bagi mereka yang telah naik haji, ditabalkan di depan nama sederetan dengan gelar lain yang dimilikinya.

Sumber:
http://www.faqihmuda.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar